PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Seiring
pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan berbagai aspek
kehidupan berkembang pesat baik sosial, budaya, politik, ekonomi,
komunikasi, maupun pendidikan. Teknologi memegang peranan yang sangat penting
dalam menyampaikan informasi baik dalam bentuk teks, gambar, maupun suara
kepada pengguna di seluruh dunia. Salah satu perkembangan teknologi
mampu mewujudkan suatu bentuk media yang dinamakan multimedia.
Multimedia
menggunakan komputer untuk menggabungkan grafik, animasi dan video yang akan
menghasilkan tampilan suatu media yang lebih interaktif. Perkembangan teknologi
multimedia juga telah menjadikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang
untuk belajar, dengan bantuan multimedia
seorang pendidik dapat mengembangkan teknik pembelajaran yang lebih menarik dan
interaktif sehingga mengasilkan bahan pembelajaran yang maksimal. Dengan adanya
multimedia dalam pembelajaran di harapkan akan lebih mudah untuk menarik minat
belajar. Multimedia mengubah budaya pemakai untuk
berinteraksi dengan komputer melalui penggabungan media teks, grafik, suara,
dan animasi.
Perkembangan dunia yang bergerak sangat
cepat, menuntut setiap negara dapat menggunakan bahasa internasional yaitu
Bahasa Inggris, agar dapat mengikuti perkembangan jaman. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi
secara internasional. Dalam era globalisasi saat ini setiap orang dituntut
untuk dapat menguasai Bahasa Inggris. Tapi sayangnya Bahasa Inggris masih
dianggap sebagai salah satu pelajaran yang menakutkan oleh sebagian besar mahasiswa.
Seperti
pada matakuliah lainnya, dari sekian banyak materi pada matakuliah Bahasa Inggris Informatika
yang diberikan pun, ada beberapa topik materi yang dirasa sulit bagi mahasiswa
menangkap submateri
secara baik yaitu tentang materi Part of Speech,
selain itu dosen juga mengalami kesulitan menjelaskan dan menggambarkan solusi
masalah tentang Part of Speech.
Permasalahan lain yaitu terbatasnya media pembalajaran untuk matakuliah ini
seperti untuk menerangkan tentang
pembelajaran bahasa inggris.
Berdasarkan
data yang diperoleh, dari mahasiswa tahun akademik 2009/2010 yang
mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Informatika, dapat
diprosentasikan bahwa 61% mahasiswa paham akan materi (mendapatkan nilai A & B), cukup memahami 11% (mendapatkan nilai C), dan 28% bingung dan belum memahami materi
(mendapatkan nilai D, E, dan tidak ada nilai).
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka akan di buat “Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Pokok Bahasan Part of Speech Berbasis Multimedia”. Tujuanya ialah untuk
mempermudah dosen dan mahasiswa dalam pemberian dan pemahaman mengenai Materi Part Of
Speech pada mata kuliah Bahasa Inggris Informatika
.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di
atas, dapat diambil kesimpulan bahwa :
1. Pembelajaran
kurang menarik dan membosankan, sehingga mahasiswa menjadi malas dalam
memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh dosen dan menjadi kurang memahami
materi.
2. Mahasiswa kesulitan dalam memahami materi Part Of Speech secara baik.
C.
Batasan
Masalah
Mengingat
materi mata kuliah Bahasa Inggris
Informatika ini
sangat luas dan banyak, maka untuk media pembelajaran mata kuliah ini terdapat
batasan-batasan yaitu materi yang ditampilkan dan dibahas hanya pa sub bab
pokok bahasan tentang part of speech berdasarkan kurikulum yang sudah ada didalamnya.
.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah dan batasannya maka dapat diperoleh rumusan masalah sebagai
berikut :
1. Bagaimana membuat Media Pembelajaran Part of Speech Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Informatika
Berbasis Multimedia.
2. Bagaimana hasil uji dari media pembelajaran part
of speech.
E. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah yang diuraikan di
atas maka penelitian ini mempunyai tujuan dihasilkannya sebuah perangkat lunak
sebagai alat bantu untuk mempelajari Bahasa Inggris Informatika khususnya materi Part Of Speech.
F. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah :
1.
Membantu mahasiswa dalam belajar
dan memahami materi perkuliahan bahasa
inggris informatika khususnya pada materi part of speech.
2.
Membantu dosen (pengampu mata
kuliah) bahasa inggris dalam menyampaikan/ menyajikan materi kuliah sehingga dapat
memperlancar proses belajar mengajar.
|
KAJIAN TEORI
- TEORI
PENDUKUNG
1. Pengertian
Media Pembelajaran
Kata
media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang
secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah bagian
yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan
pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di universitas pada khususnya.
Media
pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran dapat
memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan
meningkatkan proses dan hasil belajar. Media
pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian mahasiswa sehingga dapat
menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan
lingkungannya, dan kemungkinan mahasiswa
untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
1.
Materi Pembelajaran Part of Speech
a.
Penjelasan
Dalam mempelajari
bahasa Inggris, hal yang sangat diperlukan pertama kali adalah pemahaman
terhadap jenis-jenis kata. Pemahaman terhadap jenis-jenis kata tersebut akan
memudahkan kita dalam membentuk kalimat dalam bahasa Inggris. Menurut Herpinus
Simanjuntak, ada delapan Part of Speech yang
harus diperhatikan.
1.
Konsep
Pembelajaran
Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan
pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan
kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta
didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta
didik agar dapat belajar dengan baik.
Dalam
konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan
menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek
kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta
keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran
ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar
saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar
dengan peserta didik.
Pembelajaran
yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreativitas
pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar
yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan
pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan
kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik,
ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreativitas guru akan
membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar:
2.
Pembelajaran
Berbasis Komputer
CAI
(Computer Assisted Instruction) telah
cukup lama dikenal oleh para ahli komputer maupun ahli pendidikan, terutama di
negara maju. CAI sudah sejak tahun 1960, mulai digunakan di AS. CAI merupakan
suatu sistem penyampaian materi berbasis mikroprosesor yang pelajarannya dirancang
dan diprogram ke dalam sistem tersebut.
Pembelajaran
berbantukan komputer (CAI) adalah salah satu strategi atau bentuk pengajaran
dan pembelajaran dengan menggunakan komputer untuk menyampaikan seluruh atau
sebagian isi materi agar aktifitas pembelajaran menjadi lebih menarik. Dalam
aplikasi CAI, komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, bisa
bersifat sebagai pengganti pengajaran atau buku. Tujuan CAI adalah untuk
memfasilitasi pembelajaran. Kemampuan CAI antara lain meningkatkan interaksi,
bersifat individual, biaya rendah, mampu memberi umpan balik, mudah melakukan
penyimpanan data. Control CAI terdiri dari beberapa program, berupa praktik dan
latihan, tutorial, simulasi dan pemahaman.
Beberapa karakteristik CAI antara lain :
a.
Berdasarkan tujuan
instruksional
b.
Sesuai dengan
karakteristik peserta didik
c.
Memaksimalkan interaksi
d.
Menyediakan umpan balik
(feed back)
e.
Mengevaluasi kinerja
dengan benar dan sesuai
Pendekatan-pendekatan
berupa aplikasi dasar yang digunakan CAI seperti :
a.
Drill
and Practice approach, menggunakan
pendekatan pengajaran melalui latihan dan praktik.
b.
Tutorial
approach, menggunakan pendekatan pengajaran
dengan penjelasan-penjelasan.
c.
Simulation,
biasanya untuk mengkaji permasalahan rumit seperti untuk biologi, transportasi,
ekonomi, ilmu komputer, dan lain-lain.
d.
Permainan Instruksional
(games), permainan yang dirancang
dapat memotivasi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan.
3.
Multimedia
a. Konsep
Dasar Multimedia
Multimedia secara umum adalah merupakan kombinasi tiga
elemen, yaitu suara, gambar, dan teks. Atau multimedia adalah kombinasi dari
paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik,
dan gambar.
Secara sederhana multimedia berarti berbagai macam media
diorganisasikan sehingga menunjukan suatu unjuk kerja tertentu sesuai dengan
fungsinya.
b. Elemen-elemen
Multimedia
Multimedia bisa menghasilkan suatu
aplikasi dengan tampilan menarik karena terdiri dari elemen-elemen yaitu:
1) Suara / Sound
Bunyi
dalam PC multimedia, khususnya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat
bermanfaat. PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia.
Kemampuan dasar bunyi harus dimiliki oleh sebuah PC.
2) Gambar
Alasan
untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah
karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibanding dengan
teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru
dan lebih berguna.
3) Animasi
Animasi
berarti gerakan image atau video, seperti gerakan orang yang sedang melakukan
suatu kegiatan, dan lain-lain. Konsep dari animasi adalah menggambarkan
sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar saja, atau sekumpulan gambar.
4) Teks
Berdasarkan
penggunaannya di dalam komputer text adalah media yang paling awal dan juga
paling sederhana. Pada saat awal perkembangan teknologi komputer text adalah
media yang dominan (bahkan satu-satunya). Hal yang sama juga berlaku di dalam
perkembangan internet. Ketika internet masih bernama ARPANET di awal tahun 1970
an text merupakan satunya-satunya media. Kini ketika perkembangan teknologi
komputer telah demikian maju text bukan lagi media yang dominan, namun demikian
ada beberapa kelebihan text di dalam penggunaannya di dalam multimedia
pembelajaran.
c.
Struktur Aplikasi Multimedia
Stuktur aplikasi atau proyek
multimedia tidak lebih daripada sebuah susunan teks, grafik, suara, dan elemen
video. Cara menyusun elemen-elemen ini ini ke dalam media interaktif ditentukan
oleh tujuan dan pesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar