Pages

Subscribe:

Labels

.

Effeck Saljou

Ads 468x60px

.
.

Sabtu, 04 Februari 2012

4 Macam Temperamen Manusia

Anda mungkin sudah mengenal tentang 4 tipe temperamen manusia percaya atau tidak temperamen manusia terbagi atas 4 temperamen. Ajaran ini dirumuskan oleh Hippocrates dan selanjutnya disempurnakan oleh Galenus. Menurut mereka di dalam tubuh manusia terdapat 4 macam cairan, yaitu: chole, melanchole, plegma dan sanguis dan dari 4 cairan tersebut mana yang paling banyak maka itulah yang paling dominan.

Tipe-tipe 4 temperamen tersebut, yaitu :


1.    Sanguinis
Ditandai dengan sifat: hangat, meluap-luap lincah, bersemangat, dan pribadi yang "menyenangkan." pada dasarnya mau menerima. Pengaruh/kejadian luar dengan gampang masuk kepikiran dan perasaan, yang membangkitkan respons yang meledak-ledak. Perasaan lebih berperan dari pada pikiran refleksif dalam membentuk keputusan. Orang sangunis sangat ramah terhadap orang lain, sehingga dia biasanya dianggap seorang yang ekstrovert.

2.    Koleris
Seorang choleris tampil hangat, serba cepat, aktif, praktis, berkemauan keras, sanggup mencukupi keperluannya sendiri dan sangat independen. Dia cenderung tegas dan berpendirian keras, dengan gampang dapat membuat keputusan bagi dirinya dan orang lain. Seperti seorang sangunis, seorang choleris adalah sangant ekstrovet walau tidak se ekstrovertnya sangunis. Seorang choleris hidup dengan aktif. Dia tidak butuh digerakan dari luar, malah mempengaruhi lingkungannya dengan gagasan, rencana, tujuan, dan ambisi-ambisinya yang tak pernah surut

3. Melankolis
Si melankolis adalah seorang yang paling "kaya" di antara semua temperamen. Dia seorang analisis, suka berkorban, bertipe perfeksionis dengan sifat emosi yang sangat sensitif. Tidak seorangpun yang dapat menikmati keindahan karya seni melebihi seorang melankolis. Sebenarnya dia mudah menjadi introvet, tetapi ketika perasaannya lebih dominan, dia masuk ke dalam ber macam-macam keadaan jiwa. Kadang-kadang mengangkatnya pada kegem biraan yang tinggi yang membuatnya bertindak lebih ekstrovert. Akan tetapi pada saat lain dia akan murung dan depresi, dan selama periode ini dia menarik diri (withdrawn), dan bisa menjadi seorang yang begitu antagonistis (bersifat bermusuhan).

4. Phlegmatis
Si Phlegmatis adalah seorang yang hidupnya tenang, gampangan, tak pernah merasa terganggu dengan suatu titik didih yang sedemikian tinggi sehingga dia hampir tak pernah marah. Dia adalah seorang dengan tipe yang mudah bergaul, dan paling menyenangkan di antara semua temperamen. Baginya hidup adalah suatu kegembiraan, dan kadang menjauh dari hal-hal yang tidak menyenangkan. Dia begitu tenang dan agak diam, sehingga tak pernah kelihatan terhasut, bagaimanapun keadaan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar