Pages

Subscribe:

Labels

.

Effeck Saljou

Ads 468x60px

.
.

Rabu, 08 Agustus 2012

Sistem Perwalian Berbasis Web


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah meningkatkan taraf hidup dan kemudahan aktivitas manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu dampak teknologi yang paling dirasakan saat ini adalah dalam bidang manajemen dan informasi, termasuk di dalamnya pengolahan dan penyimpanan sebuah data. Dengan semakin pentingnya pengolahan dan penyimpanan sebuah data untuk menjembatani dan menjadi pengantar informasi antara pihak pengguna aplikasi dan pengguna informasi.
Terus berkembangnya teknologi, mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat, kebutuhan hidup pun berubah, salah satunya kebutuhan akan media informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Dalam sistem pendidikan sudah dikenal sistem pendidikan “online”.  Sistem tersebut bertujuan agar seorang mahasiswa pada contohnya dapat memiliki sistem informasi perwalian antara mahasiswa dengan dosen wali secara mandiri. Oleh karena itu, sistem yang tepat untuk menjembataninya adalah sistem yang berbasis web. Dengan format web akan tercipta kemudahan dalam mengakses data dengan tingkat keamanan yang baik dengan berbasiskan pada database MySQL. Adapun sistem perwalian ini dikhususkan untuk Poloteknik Pos Imdonesia.


1.2.            Identifikasi Masalah
Dari identifikasi di atas, terdapat beberapa masalah yang ditemui, tetapi penyusun membatasi masalah dengan batasan masalah sebagai berikut :
a.                   Masih kurang cepat dan terorganisirnya penyimpanan serta pengelolaan data mahasiswa karena masih bersifat manual.
b.                  Dosen atau mahasiswa dalam memperoleh data masih bersifat terpisah, seperti informasi data keuangan yang hanya dilayani pada Bagian Keuangan saja

1.3.            Ruang Lingkup
Pembuatan proposal ini merupakan suatu langkah kerja untuk dapat  menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam pengelolaan data Perwalian, dimana masih terdapat masalah yang ditemui,
a.                   Keamanan atau pencegahan data hilang serta data tidak tersimpan dengan baik.
b.                  Pembatasan hak akses data hanya pada kalangan dalam lingkungan Polliteknik Pos dan akses untuk mengubah data oleh mahasiswa melalui pengesahan oleh Dosen Wali yang bersangkutan.

1.4.            Tujuan
Tujuan penulis membuat program Sistem Informasi Perwalian berbasis Web adalah :
a.                   Memudahkan user/ administrator/ mahasiswa dalam memasukkan data dirinya( mahasiswa ).
b.                  Mengembangkan pengolahan dan penyimpanan data dari manual menjadi berbasis komputerisasi.
c.                   User/ administrator/ mahasiswa dapat mengetahui seluruh data Perwalian serta mengakses data-data tersebut dengan pengesahan dosen wali dan keamanan yang terjamin.

BAB II
LANDASAN TEORI

Perwalian didalam proyek ini adalah untuk mengatasi tentang masalah yang berhubungan dengan kemahasiswaaan. Dalam perwalian mahasiswa dapat berkonsultasi tentang masalah kemahasiswaaannya kepada dosen walinya. Dalam bab ini akan mengulas beberapa landasan program yaitu berupa teori dari buku maupun internet atau bahkan pendapat orang lain.

2. 1 Database
Database atau basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah [1]..
Database dan lemari sesungguhya mempunyai prinsip dan tujuan yang sama. Prinsip utama adalah pengaturan data atau arsip. Dan tujuan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data/arsip. Perbedaannya hanya terletak pada media penyimpanan yang digunakan. Jika lemari arsip menggunakan lemari dari dari besi atau kayu sebagai media penyimpanan, maka database menggunakan media penyimpanan elektronik seperti disk (disket atau hard disk). Hal ini merupakan konsekuensi yang logis, karena lemari arsip langsung dikelola atau ditangani oleh manusia, sementara database dikelola oleh mesin pintar elektronik  yaitu komputer.
2. 1. 1 ERD (Entity Relation Diagram)
ERD adalah model konseptual yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan (dalam Flowchart) karena itu, ERD berbeda dengan Flowchart. ERD digunakan untuk membuat model struktur data dan hubungan antar data, karena kompleks. Dengan ERD kita dapat menguji model dengan mengabaikan proses yang harus dilakukan [1].
Diagram E-R terdiri dari dua komponen utama, yaitu Entitas (Entity) dan Relasi (Relation).Kedua komponen ini didescripsikan lebih jauh melalui sejumlah atribut/ property.
Atribut adalah property yang mendeskripsikan karakteristik suatu entitas.
Entity mempunyai empat derajat relasi, yaitu:
  • Satu ke Satu ( One to one )
  • Satu ke banyak ( one to many )
  • Banyak ke satu (Many to one )
  • Banyak ke banyak (many to many )

2. 1. 2 MySQL
            MySQL adalah sistem pengaturan database dengan menggunakan perintah atau sintaks-sintaks yang berhubungan dengan database. S ini dapat berkaitan dengan halaman Web dengan membangun suatu sistem database didalam web. MySQL memaksimumkan peningkatan, kestabilan dan penggunaannya, disis lain dapat mengurangi ongkos database sampai 90%. MySQL terdapat dalam semua OS Linux distributions di samping sistem operasi Unix, Mac OS X dan Windows.
Dalam bahasa SQL pada umumnya informasi tersimpan dalam tabel-tabel yang secara logik merupakan struktur dua dimensi terdiri dari baris (row atau record) dan kolom(column atau field). Sedangkan dalam sebuah database dapat terdiri dari beberapa  table.
2. 2 PHP
PHP dikenal sebagai sebuah bahasa scripting yang menyatu dengan tag-tag HTML, dieksekusi di server dan digunakan untuk membuat halaman WEB yang dinamis, seperti halnya Active Server Pages (ASP) atau Java Server Pages (JSP).
Versi utama PHP dibuat oleh Rasmus Leodorf pada tahun 1995. Versi pertama ini berupa sekumpulan skrip PERL yang digunakan oleh Rasmus Lerdorf untuk membuat halaman Web yang dinamis pada hompage pribadinya. Rasmus menulis ulang skrip-skrip PERL tersebut menggunakan bahasa C, kemudian menambahkan fasilitas untuk Form HTML, koneksi MySQL dan meluncurkan PHP/F1 pada tahun 1996.
Pada PHP versi 3, dirilis pertengahan tahun 1997. pada versi ini pembuatannya tidak lagi oleh Rasmus sendiri, tetapi juga melibatkan programmer lain untuk mengembangkan PHP.
Pada versi 4.0, dirilis Bulan Oktober 2000. perubahan mendasar pada PHP 4.0 adalah integrasi Zend Engine. Zend dibuat oleh Zeef Suraski dan Andi Gutmans yang merupakan penyempurnaan dari PHP3 scripting engine. Hal lain adalah build in HTTP sesion, tidak lagi mengunakan library tambahan seperti pada PHP3.
Berdasarkan hasil Survey Netcraft pada bulan Desember 1999, lebih dari 1.000.000 site yang menggunakan PHP, termasuk perusahaan-perusahaan besar seperti Mitsubishi, Redhat, Nasa, Ericson dan lain lain.
Kemampuan PHP yang paling di andalkan adalah dukungan kepada banyak paket database, seperti PostgreSQL, MySQL, Oracle, Microsoft SQL Server, Sybase dan lain lain.
Menurut Dokumen resmi PHP, PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dan diproses diserver. Kemudian hasilnya dikirim ke klien, tempat pemakai menggunakan browser. [Dasar Pemograman PHP & MySQL, Anon Kuncoro, 2003.]
2. 2. 1  Aturan Dasar Script PHP
Pembuatan script PHP sangatlah mudah. Anda bisa membuatnya dengan cepat menggunakan teks editor eNotepadf ataupun editor teks lainya. Dalam penulisan script PHP,
ada beberapa aturan dasar yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah:
·         Fungsi-fungsi yang telah ada atau yang telah disediakan oleh PHP adalah tidak case sensitive (tidak membedakan antara huruf kecil dan huruf besar).
·         Variabel dalam PHP adalah case sensitive, oleh karena itu harus berhati-hati dalam penulisan dan pemakaian variabel.
Variabel ditandai dengan adanya tanda dollar sign ($). 
·         Penulisan script PHP diawali dengan tanda < (tanda lebih kecil) dan diakhiri > (tanda lebih besar). Ada tiga cara penulisan script PHP yaitu:
1.       <?
                        Script PHP
                   ?>
2.       <?php
Script PHP
                    ?>
3.       <SCRIPT LANGUAGE = phph>
Script PHP
                  </ SCRIPT>

Cara penulisan yang pertama adalah cara penulisan yang akan sering kita gunakan di dalam buku ini karena lebih singkat. Cara yang kedua digunakan untuk kombinasi dengan XML, sedangkan cara terakhir atau cara yang ketiga digunakan untuk mengantisipasi editor-editor yang tidak bisa menerima cara pertama dan kedua, seperti Microsoft Frontpage. Setiap akhir baris dari sintaks PHP selalu ditandai dengan tanda ; (titik koma). Pada saat merekam dokumen script Anda, simpanlah dengan ekstension .PHP  Jika Anda bermaksud untuk menuliskan komentar didalam script Anda, gunakan salah satu cara dibawah ini. 
 
/* komentar dituliskan disini*/

atau

// komentar dituliskan disini

2. 3  Flowchart
Bagan alir (Flowchart) adalah bagan ( chart ) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir digunakan terutama untuk program bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Pada waktu akan menggambar satu bagan alir, analisis sistem atau dapat mengikuti pedoman–pedoman sebagai berikut ini:
1.      Bagan alir sebaiknya digambarkan dari atas ke bawah mulai dari bagian kiri  dari suatu halaman.
2.      Kegiatan didalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas.
3.      Harus ditunjukkan dari mana akan memulai dan dimana akan berakhirnya.
4.      Masing-masing kegiatan didalam bagan harus berada dalam urutan yang semestinya. Masing-masing kegiatan didalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan. Kegiatan yang terpotong dan akan disambung ditempat harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan symbol penghubung.
5.      Gunakan simbol-simbol bagan alir.
Ada lima macam bagan alir, yaitu sebagai berikut :
-          bagan alir sistem (system flowchart)
-          bagan alir dokumen (document flowchart)
-          bagan alir skematik (schematics flowchart)
-          bagan alir program (program flowchart)
-          bagan alir proses (procces flowchart)
Kami akan menggunakan bagan alir program. Bagan alir program merupakan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari deriviasi alir sistem.



 BAB III

ANALISIS DAN PERANCANGAN PROGRAM


3.1         Analisis dan Konsep Perancangan Program
Analisis adalah penguraian dari suatu masalah atau objek yang akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan, hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah-masalah atau objek.
Analisis terhadap pembuatan program website ini dimaksudkan untuk mengetahui proses pembuatan program aplikasi website sehingga siap dipublikasikan ke internet. Maka dari diberikan teknik dasar dalam perancangan program aplikasi website secara umum, yaitu :
-        Mengetahui port yang digunakan untuk melakukan koneksi ke server dalam aplikasi website.
-        Menentukan bahasa pemrograman web yang akan digunakan.
-        Menentukan fasilitas tambahan yang akan diberikan pada aplikasi website.
-        Jika fasilitas tambahan membutuhkan database, maka tentukan database yang akan digunakan, sesuaikan dengan pemrograman web yang akan digunakan.
-        Karena aplikasi website dapat dilihat oleh seluruh masyarakat internet maka gunakan desain aplikasi yang menarik dan mudah digunakan.
-        Karena website dapat diakses secara umum, maka perlu menentukan hak akses pada tiap admin.

3.2         KEBUTUHAN DATA
          Kebutuhan data atau requitment aplikasi ini meliputi:

DATA

KAMUS DATA
Admin
=
Orang yang mempunyai wewenang/ kewajiban untuk mengelolah web.
User
=
Pengunjung / Member
Data Login
=
Nama dan Password
Data Tambah Info
=
Data yang akan ditambahkan
Data Ubah Info
=
Data yang akan diubah
Data Hapus Info
=
Data yang akab dihapus
Informasi Info
=
Nama dan Password
Informasi Tambah Info
=
Data yang akan ditambah ( disimpan / tidak )
Informasi Ubah Info
=
Data yang akan diubah ( disimpan / tidak )
Informasi Hapus Info
=
Data yang akan dihapus ( dihapus /tidak )
Tabel 3.1 Data Requitment 

3. 3 Perancangan Program Website
Struktur program aplikasi ini dibuat secara modular, yaitu program dipecah menjadi modul-modul kecil yang mudah dibuat, mudah dites, mudah melacak kesalahan program, dan mudah dimodifikasi. Rancangan sistem menu yang digunakan untuk membuat program aplikasi ini adalah sebagai berikut :

3.3.1        Perancangan Sistem Menu Program

Dalam merancang program website, penulis membuat sistem menu seperti yang terdapat pada gambar 3.1 di bawah ini:
 Untuk penjelasan sistem menu tersebut akan diuraikan dibawah ini :
a.             Login
Bagian ini menjadi halaman pertama yang akan tampil ketika situs website ini dibuka, hal ini dimaksudkan untuk user yang akan mengakses system perwalian. User yang belum teregistrasi akan disediakan form khusus untuk melakukan registrasi secara online.

Id_Objek
Jenis
KETERANGAN
3
login button
Tombol konfirmasi untuk login
4
checkbox
Konfirmasi menyimpan user id sementara

Tabel 3.2 Spesifikasi Function Key form menu login

Label
Field
Table/Query
I / O
Format
Keterangan
1
User id
bimas,dosen
I
xxx….(7)
NPM
2
password
Bimas,dosen
I
xxx…(12)
ID (password)
Tabel 3.3  Spesifikasi Field Data Login 
Proses autentikasi ini akan mengecek user id dan password yang diinputkan dengan user id dan password yang ada pada database, jika user id dan passwordnya sesuai maka variabel session akan di deklarasikan. Pada saat login checkbox  dalam keadaan dicek maka program hanya mengecek user id yang diinputkan dengan user id yang ada dalam database jika user id ditemukan dalam database maka akan ada beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa user tersebut berhak untuk mendapatkan passwordnya kembali.

b.             Menu Utama
                Menu ini dapat diakses oleh user jika proses login berjalan dengan benar, secara garis besar pilihan yang tersedia adalah biodata mahasiswa, sekilas, catatan akademik  dan catatan non akademik.

Tabel 3.4 Spesifikasi Function Key form menu utama
Id_Objek
Jenis
KETERANGAN
1
Link button
Link ke bimas.php
2
Link button
Link ke catatan_non_akademik.php
3
Link button
Link ke cuti_akademik.php
4
Link button
Link ke ipk.php
5
Link button
Link ke kegiatan.php
6
Link button
Link ke kegiatan_konsultasi.php
7
Link button
Link ke dosenwali.php
8
Link button
Link ke pelanggaran.php
9
Link button
Link ke logout.php
10
Search button
Mencari data berdasarkan keyword masukan
11
Navigation button
Memilih field report

Tabel 3.5  Spesifikasi Field Data menu utama
Label
Field
Table/Query
I / O
Format
Keterangan
1
search
All table
I
text
Cari data
Tabel list
Table list
All table
O
-
Tampilan isi tabel

c.  form add data





Tabel 3.6 Spesifikasi Function Key form add data
Id_Objek
Jenis
KETERANGAN
1
Link button
Link ke bimas.php
2
Link button
Link ke catatan_non_akademik.php
3
Link button
Link ke cuti_akademik.php
4
Link button
Link ke ipk.php
5
Link button
Link ke kegiatan.php
6
Link button
Link ke kegiatan_konsultasi.php
7
Link button
Link ke dosenwali.php
8
Link button
Link ke pelanggaran.php
9
Link button
Link ke logout.php
add
Add button
Menambah data ke dalam database

Tabel 3.7  Spesifikasi Field Data form add data
Label
Field
Table/Query
I / O
Format
Keterangan
1
1
All table
I
text
Masukan isi field 1
2
2
All table
I
Text
Masukan isi field 2
3
3
All table
I
Text
Masukan isi field 3
4
4
All table
I
Text
Masukan isi field 4
5
5
All table
I
text
Masukan isi field 5


d.  form edit data
Tabel 3.8 Spesifikasi Function Key form edit data
Id_Objek
Jenis
KETERANGAN
1
Link button
Link ke bimas.php
2
Link button
Link ke catatan_non_akademik.php
3
Link button
Link ke cuti_akademik.php
4
Link button
Link ke ipk.php
5
Link button
Link ke kegiatan.php
6
Link button
Link ke kegiatan_konsultasi.php
7
Link button
Link ke dosenwali.php
8
Link button
Link ke pelanggaran.php
9
Link button
Link ke logout.php
edit
Add button
Mengedit data pada database


Tabel 3.9  Spesifikasi Field Data form edit data
Label
Field
Table/Query
I / O
Format
Keterangan
1
1
All table
I
text
Masukan isi field 1
2
2
All table
I
Text
Masukan isi field 2
3
3
All table
I
Text
Masukan isi field 3
4
4
All table
I
Text
Masukan isi field 4
5
5
All table
I
text
Masukan isi field 5

e.  form delete data

Tabel 3.10 Spesifikasi Function Key form menu delete data
Id_Objek
Jenis
KETERANGAN
1
Link button
Link ke bimas.php
2
Link button
Link ke catatan_non_akademik.php
3
Link button
Link ke cuti_akademik.php
4
Link button
Link ke ipk.php
5
Link button
Link ke kegiatan.php
6
Link button
Link ke kegiatan_konsultasi.php
7
Link button
Link ke dosenwali.php
8
Link button
Link ke pelanggaran.php
9
Link button
Link ke logout.php
10
Confirm button
Konfiimasi menghapus data


f.  form change password

Tabel 3.11 Spesifikasi Function Key form change password
Id_Objek
Jenis
KETERANGAN
1
Link button
Link ke bimas.php
2
Link button
Link ke catatan_non_akademik.php
3
Link button
Link ke cuti_akademik.php
4
Link button
Link ke ipk.php
5
Link button
Link ke kegiatan.php
6
Link button
Link ke kegiatan_konsultasi.php
7
Link button
Link ke dosenwali.php
8
Link button
Link ke pelanggaran.php
9
Link button
Link ke logout.php
10
confirm button
Konfirmasi mengubah password

Tabel 3.12  Spesifikasi Field Data form change password
Label
Field
Table/Query
I / O
Format
Keterangan
old password
1
Bimas/dosen
I
Text(12)
Masukan password lama
New password
2
Bimas/dosen
I
Text(12)
Masukan password baru
Confirm new password
3
Bimas/dosen
I
Text(12)
Masukan password baru



g.  form register

Tabel 3.13 Spesifikasi Function Key form register
Id_Objek
Jenis
KETERANGAN
1
Link button
Link ke bimas.php
2
Link button
Link ke catatan_non_akademik.php
3
Link button
Link ke cuti_akademik.php
4
Link button
Link ke ipk.php
5
Link button
Link ke kegiatan.php
6
Link button
Link ke kegiatan_konsultasi.php
7
Link button
Link ke dosenwali.php
8
Link button
Link ke pelanggaran.php
9
Link button
Link ke logout.php
10
Browse button
Mengambil data (foto )
register
register button
Memasukkan data ke dalam database

Tabel 3.14  Spesifikasi Field Data form register
Label
Field
Table/Query
I / O
Format
Keterangan
1
1
All table
I
file
Masukan isi field 1
2
2
All table
I
Text
Masukan isi field 2
3
3
All table
I
Text
Masukan isi field 3
4
4
All table
I
Text
Masukan isi field 4
5
5
All table
I
text
Masukan isi field 5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar