Pages

Subscribe:

Labels

.

Effeck Saljou

Ads 468x60px

.
.

Selasa, 02 Oktober 2012

Belajar Bahasa Inggris Dengan Multimedia


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan berbagai aspek kehidupan berkembang pesat baik sosial, budaya, politik, ekonomi, komunikasi, maupun pendidikan. Teknologi memegang peranan yang sangat penting dalam menyampaikan informasi baik dalam bentuk teks, gambar, maupun  suara  kepada pengguna di seluruh dunia. Salah satu perkembangan teknologi mampu mewujudkan suatu bentuk media yang dinamakan multimedia.
       Multimedia menggunakan komputer untuk menggabungkan grafik, animasi dan video yang akan menghasilkan tampilan suatu media yang lebih interaktif. Perkembangan teknologi multimedia juga telah menjadikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang untuk belajar, dengan  bantuan multimedia seorang pendidik dapat mengembangkan teknik pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif sehingga mengasilkan bahan pembelajaran yang maksimal. Dengan adanya multimedia dalam pembelajaran di harapkan akan lebih mudah untuk menarik minat belajar. Multimedia mengubah budaya pemakai untuk berinteraksi dengan komputer melalui penggabungan media teks, grafik, suara, dan animasi.
       Perkembangan dunia yang bergerak sangat cepat, menuntut setiap negara dapat menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris, agar dapat mengikuti perkembangan jaman. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara internasional. Dalam era globalisasi saat ini setiap orang dituntut untuk dapat menguasai Bahasa Inggris. Tapi sayangnya Bahasa Inggris masih dianggap sebagai salah satu pelajaran yang menakutkan oleh sebagian besar mahasiswa.
       Seperti pada matakuliah lainnya, dari sekian banyak materi pada matakuliah Bahasa Inggris Informatika yang diberikan pun, ada beberapa topik materi yang dirasa sulit bagi mahasiswa menangkap submateri secara baik yaitu tentang materi Part of Speech, selain itu dosen juga mengalami kesulitan menjelaskan dan menggambarkan solusi masalah tentang Part of Speech. Permasalahan lain yaitu terbatasnya media pembalajaran untuk matakuliah ini seperti untuk menerangkan tentang pembelajaran bahasa inggris.
       Berdasarkan data yang diperoleh, dari  mahasiswa tahun akademik 2009/2010 yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Informatika, dapat diprosentasikan bahwa 61% mahasiswa paham akan materi (mendapatkan nilai A & B), cukup memahami 11% (mendapatkan nilai C), dan 28% bingung dan belum memahami materi (mendapatkan nilai D, E, dan tidak ada nilai).
       Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka akan di buat “Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Pokok Bahasan Part of Speech Berbasis Multimedia”. Tujuanya ialah untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam pemberian dan pemahaman mengenai Materi Part Of Speech pada mata kuliah Bahasa Inggris Informatika
.
B.     Identifikasi Masalah
       Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa :
1.        Pembelajaran kurang menarik dan membosankan, sehingga mahasiswa menjadi malas dalam memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh dosen dan menjadi kurang memahami materi.
2.      Mahasiswa kesulitan dalam memahami materi Part Of Speech secara baik.

C.    Batasan Masalah
            Mengingat materi mata kuliah Bahasa Inggris Informatika  ini sangat luas dan banyak, maka untuk media pembelajaran mata kuliah ini terdapat batasan-batasan yaitu materi yang ditampilkan dan dibahas hanya pa sub bab pokok bahasan tentang part of speech berdasarkan kurikulum yang sudah ada didalamnya.
.
D.    Rumusan Masalah
      Berdasarkan latar belakang masalah dan batasannya maka dapat diperoleh rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana membuat Media Pembelajaran Part of Speech Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Informatika Berbasis Multimedia.
2.      Bagaimana hasil uji dari media pembelajaran part of speech.

E.     Tujuan Penelitian
     Sesuai dengan rumusan masalah yang diuraikan di atas maka penelitian ini mempunyai tujuan dihasilkannya sebuah perangkat lunak sebagai alat bantu untuk mempelajari Bahasa Inggris Informatika khususnya materi Part Of Speech.

F.     Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah :
1.      Membantu mahasiswa dalam belajar dan memahami materi perkuliahan bahasa inggris informatika khususnya pada materi part of speech.
2.      Membantu dosen (pengampu mata kuliah) bahasa inggris dalam menyampaikan/ menyajikan materi kuliah sehingga dapat memperlancar proses belajar mengajar.



 
BAB II
KAJIAN TEORI

  1. TEORI PENDUKUNG 
1.      Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di universitas pada khususnya.
Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian mahasiswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan mahasiswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

1.      Materi Pembelajaran Part of Speech
a.       Penjelasan
Dalam mempelajari bahasa Inggris, hal yang sangat diperlukan pertama kali adalah pemahaman terhadap jenis-jenis kata. Pemahaman terhadap jenis-jenis kata tersebut akan memudahkan kita dalam membentuk kalimat dalam bahasa Inggris. Menurut Herpinus Simanjuntak, ada delapan Part of Speech yang harus diperhatikan.
1.      Konsep Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.
Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreativitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreativitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar:

2.      Pembelajaran Berbasis Komputer
CAI (Computer Assisted Instruction) telah cukup lama dikenal oleh para ahli komputer maupun ahli pendidikan, terutama di negara maju. CAI sudah sejak tahun 1960, mulai digunakan di AS. CAI merupakan suatu sistem penyampaian materi berbasis mikroprosesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem tersebut.
                 Pembelajaran berbantukan komputer (CAI) adalah salah satu strategi atau bentuk pengajaran dan pembelajaran dengan menggunakan komputer untuk menyampaikan seluruh atau sebagian isi materi agar aktifitas pembelajaran menjadi lebih menarik. Dalam aplikasi CAI, komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, bisa bersifat sebagai pengganti pengajaran atau buku. Tujuan CAI adalah untuk memfasilitasi pembelajaran. Kemampuan CAI antara lain meningkatkan interaksi, bersifat individual, biaya rendah, mampu memberi umpan balik, mudah melakukan penyimpanan data. Control CAI terdiri dari beberapa program, berupa praktik dan latihan, tutorial, simulasi dan pemahaman.

Beberapa karakteristik CAI antara lain :
a.       Berdasarkan tujuan instruksional
b.      Sesuai dengan karakteristik peserta didik
c.       Memaksimalkan interaksi
d.      Menyediakan umpan balik (feed back)
e.       Mengevaluasi kinerja dengan benar dan sesuai
Pendekatan-pendekatan berupa aplikasi dasar yang digunakan CAI seperti :
a.       Drill and Practice approach, menggunakan pendekatan pengajaran melalui latihan dan praktik.
b.      Tutorial approach, menggunakan pendekatan pengajaran dengan penjelasan-penjelasan.
c.       Simulation, biasanya untuk mengkaji permasalahan rumit seperti untuk biologi, transportasi, ekonomi, ilmu komputer, dan lain-lain.
d.      Permainan Instruksional (games), permainan yang dirancang dapat memotivasi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan.
3.       Multimedia
a.       Konsep Dasar Multimedia
Multimedia secara umum adalah merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks. Atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
Secara sederhana multimedia berarti berbagai macam media diorganisasikan sehingga menunjukan suatu unjuk kerja tertentu sesuai dengan fungsinya.
b.      Elemen-elemen Multimedia
Multimedia bisa menghasilkan suatu aplikasi dengan tampilan menarik karena terdiri dari elemen-elemen yaitu:
1)      Suara / Sound
Bunyi dalam PC multimedia, khususnya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat bermanfaat. PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Kemampuan dasar bunyi harus dimiliki oleh sebuah PC.
2)      Gambar
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibanding dengan teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.


3)      Animasi
Animasi berarti gerakan image atau video, seperti gerakan orang yang sedang melakukan suatu kegiatan, dan lain-lain. Konsep dari animasi adalah menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar saja, atau sekumpulan gambar.
4)      Teks
Berdasarkan penggunaannya di dalam komputer text adalah media yang paling awal dan juga paling sederhana. Pada saat awal perkembangan teknologi komputer text adalah media yang dominan (bahkan satu-satunya). Hal yang sama juga berlaku di dalam perkembangan internet. Ketika internet masih bernama ARPANET di awal tahun 1970 an text merupakan satunya-satunya media. Kini ketika perkembangan teknologi komputer telah demikian maju text bukan lagi media yang dominan, namun demikian ada beberapa kelebihan text di dalam penggunaannya di dalam multimedia pembelajaran.
c.       Struktur Aplikasi Multimedia
            Stuktur aplikasi atau proyek multimedia tidak lebih daripada sebuah susunan teks, grafik, suara, dan elemen video. Cara menyusun elemen-elemen ini ini ke dalam media interaktif ditentukan oleh tujuan dan pesan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar